Rabu, 14 Oktober 2009

ABSOLUTE CELL REFENCES

ABOLUTE CELL REFENCES

Alamat sel absolut, yaitu alamat yang selalu menunjuk he sel yang sama ,ke manapun rumus tersebut disalin. untuk mengubah alamat alternatif menjadi alamat absolut , dapat dilakukan dengan memilih alamat yang akan diubah dalam rumus kemudian tekan F4 atau dengan mengetikan secara manual tanda $ di depan huruf kolom maupun nomor barisnya

Lihat juga FORMULA,RELATIVE CELL REFENCES.


sebagai contoh ,buatlah daftar pembayaran uang kuliah . biaya di bayar diperoleh dari jumlah SKS dikaliakan biaya per SKS ,oleh karena itu anda tulis pada sel E8 rumus =D8*$D$5. kemudian rumus tersebut anda salin kebawah untuk menghitung biaya dibayar mahasiswa lainnya.

Apabila anda lihat, setelah menyalin rumus biaya dibayar yang ada disel E8 ke bawah , rumus yang alamatnya relatif akan otomatis menyesuaikan ,sedangkan yang alamtnya absolut tidak mengalami perubahan . untuk melihat rumus hasil salinan ,bawalah petunjuk sel ke sel E9 dan lihatlah di baris rumus akan tertulis =D9*$D$5. bawalah penunjuk sel ke E10 dan lihatlah dibaris rumus akan tertulis =D10*$D$5 dan seterusnya.

Disamping alamat sel relatif dan alamat sel absolute anda juga dapat menggunakan alamat semi absolute yang anda absolutkan dapat berupa kolomnya saja atau dapat juga berupa barisnya saja. Artinya, jika kolomnya anda absolutkan maka kolom tersebut tidak akan mengalami perubahan,tetapi barisnya, karena merupakan alamatnya relative yang akan menyesuaikan dengan arah penyalinan, begitu pula sebaliknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar