Sabtu, 24 Oktober 2009

AUTOFILL

AUTOFILL


Digunakan untuk membuat rangkaian data secara otomatis, baik rangakain data bersejenis angka maupun teks.

Lihat juga AUTOCOMPLETE, AUTOCORRECT, CUSTOM LISTS, FILL .

Untuk memasukkan rangkaian data yang bersejenis angka dengan menggunakan fasilitas autofill, ikuti langkah berikut ini :

1. pilih atau klik sel tempat posisi awal dari rangkaian data yang akan anda buat, misalnya pilih atau klik sel B2. kemudian ketik angka awal yang anda inginkan, misalnya angka 10%.
2. pada sel berikutnya, yaitu di B3. ketik angka berikutnya yang anda inginkan, misalnya angka 15%.
3. sorotlah range B2:B3.
4. dalam keadaan range tersebut masih tersorot, arahkan penunjuk mouse ke posisi kotak hitam (fill handel) disudut kanan bawah sel B3 sehingga penunjuk mouse berubah bentuk menjadi tanda plus hitam.
5. geserlah (drag) fill handel tersebut ke sel tempat posisi akhir rangkaian data, misalnya ke sel B12. dengan langkah ini rangkaian data angka akan ditampilkan.

Anda dapat juga memasukan rangkaian data yang berjenis teks, misalnya nama-nama bulan dalam setahun atau nama-nama hari selama satu minggu. Untuk memasukan rangkaian data yang bersejenis teks dengan menggunakan fasilitas autofill, ikuti langkah berikut ini :

1. pilih dan klik sel tempat dan posisi awal dari rangkaian data yang akan anda buat, misalnya pilih atau klik sel B2 kemudian ketik nama bulan sebagai teks awal yang anda inginkan, misalnya “january” .
2. pada sel berikutnya, yaitu di B3 anda ketik nama bulan berikutnya yang anda inginkan, misalnya “february”
3. sorotlah range B2:B3 .
4. dalam keadaan range tersebut masih tersorot, arah penunjuk mouse ke posisi kotak hitam (fill handel) di sudut kanan bawah sel B3, sehinnga penunjuk mouse berubah menjadi tanda plus hitam
5. geserlah (drag) fill handel tersebut ke sel tempat posisi akhir rangkaian data, misalnya ke sel B13. dengan langkah ini rangkaian data teks berupa nama bulan akan ditampilkan .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar